Sharing semua hal !

Manusia dan Keindahan

Dimanakah arti kecantikan atau ketampanan yang sesungguhnya? Semua orang senang jika dinilai cantik atau ganteng. Menyenangi kecantikan adalah bagian dari naluri manusia! Tetapi kecantikan sejati, kegantengan sejati tidak ada kaitannya dengan keindahan wajah dan segala rupa. Keindahan kodrati manusia bukanlah kecantikan atau kegantengan wajah. Wajah cantik, wajah ganteng adanya hanya di masa muda. Ketika usia sudah tua, kulit mulai kelihatan keriput, mata sembab, rambut mulai memutih. Semuanya tampak tidak indah lagi.

Kecantikan sejati bukanlah saat kita mengenakan pakaian yang bagus dengan merek terkenal dan trendi. Bukan pula karena menggunakan kosmetik yang mahal di salon kecantikan, lantas kita merasa menjadi orang yang sungguh-sungguh cantik. Untuk sebuah kecantikan sejati tidak dibutuhkan perhiasan yang mahal, pakaian bermerek, mobil terbaru, rumah berkelas atau reputasi diri sekalipun. Ini adalah bentuk penghinaan terhadap kemuliaan hidup.
Hidup bukanlah untuk dibanggakan. Hidup hanyalah sebuah kesempatan buat kita untuk memperbaiki penampilan sejati kita. Jadi tidak perlu ada kebanggaan yang akan menurunkan makna keindahan kodrati sebagai seorang manusia.

Lantas, apa sesungguhnya makna keindahan sejati manusia itu? Keindahan sejati tidak memperdulikan engkau kaya, miskin, tampan-cantik atau buruk rupa atau apapun namanya. Keindahan sejati manusia melampaui diskriminasi. Keindahan sejati hanyalah pancaran keindahan dari manusia yang memuliakan manusia di sekelilingnya. Seorang kaya yang memancarkan keindahan sejati tidak akan mementingkan statusnya sebagai orang kaya. Yang ada dalam lubuk hatinya hanyalah bagaimana memanfatkan kekayaannya untuk mendatangkan berkah bagi kebaikan orang lain.  Seorang miskin yang memancarkan keindahan kodrati, di dalam lubuk hatinya tidak ada istilah miskin.

Pada hakekatnya, perbedaan kaya-miskin, mulia-hina, pintar-bodoh, cantik-buruk rupa hanyalah merupakan batasan pikiran manusia. Keindahan kodrati atau keindahan sejati manusia akan melampaui semua itu. Berpancarnya keindahan sejati manusia adalah berpancarnya keindahan kodrati alam semesta. Alam semesta tidak mengenal pintar-bodoh, cantik-buruk rupa, kaya-miskin. Hanya pikiran manusialah yang membuat batasan tersebut. Alam semesta adalah Aku. Diriku adalah alam semesta. Kita harus benar-benar menginsyafinya.

Sumber:

Opini:

          Manusia dan keindahan merupakan satu kesatuan.bisa di bilang begitu karena keindahan juga merupakan bagian dari manusia, manusia sangat memperhatikan keindahan dari cara berpakaian, cara berbicara, cara berjalan, cara bergaya, dan lain - lain. Keindahan juga bisa diciptakan dengan oleh manusia dengan kegiatan seperti melukis, bernyanyi, dan memainkan alat musik, tak sedikit manusia yang membuat keindahan untuk diri sendiri dalam arti untuk kehidupan mahkluk hidup lain nya contoh bila mana kalau kita merawat kebersihan lingkungan sekitar maka akan tercipta kerukunan yang sejuk dan indah, jika itu dapat dilakukan itu akan menjadi budaya yang sangat menarik.
 

5 comments: