Sharing semua hal !

Pentingnya Mempelajari Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga is tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, seperti ilmu-ilmu sosial di atas.
Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut.
          Perbedaannya bisa dilihat dari tujuannya, ilmu sosial dasar memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial dan lebih memahami dan menyadari bahwa setiap kenyataan sosial dan masalah sosial ada dalam masyarakat dan selalu bersifat kompleks, kita hanya bisa memahaminya secara kritis.
          Ilmu pengetahuan sosial membentuk warga negara yang berkemampuan sosial dan yakin akan kehidupannya sendiri di tengah-tengah kekuatan fisik dan sosial, yang pada gilirannya akan menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.

Diperlukan atau tidak mempelajari ilmu sosial budaya? Saya rasa dibutuhkan dan diwajibkan untuk mahasiswa, karena sebagai seorang mahasiswa kita dituntut harus berfikir kritis dan bijaksana untuk menanggapi suatu masalah. Ilmu budaya dasar juga bisa membantu perkembangan wawasan dan kepribadian mahasiswa, karena mahasiswa membutuhkan wawasan yang luas agar dapat menerapkan ilmunya kepada masyarakat luas.

  • Pentingnya Mempelajari Ilmu Sosial Dasar
  • Free
  • Thursday 23 March 2017
  • No comments:
 

0 comments:

Post a Comment